-->

Bus 2 Agra Mas

Berdasarkan keterangan dari sejarahnya yang saya peroleh dari sejumlah sumber, cikal akan bus PO Agra Mas ialah PO Giri Indah pada tahun 1980-an, semenjak pendiri perusahaan meninggal, usaha diteruskan keanak-anaknya, diantaranya Bp David yg meneruskan PO Giri Indah dan kakaknya Bp Tony yg menegakkan perusahaan baru PO Agramas, sang owner juga ialah seorang pengusaha batu bara.

Sedangkan PO. GIRI INDAH ialah perusahaan otobus pribumi Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, berawal beroperasi pada sekitaran akhir tahun 70an, dengan rute trayeh perdana ialah AKDP Wonogiri Sukoharjo Solo Semarang PP, pada tahun 1979, pada tahun 1982 seiring berkembangnya pesatnya urbanisasi khususnya dari wilayah wonogiri GI membuka trayek AKAP Wonogiri Solo Semarang Karawang Jakarta PP. Pada tahun 1984 GIRI INDAH ialah perusahaan otobus yang kesatu kali mengoperasikan Bus mersi yang bermesin belakang dan "cuma" melulu untuk trayek pendek (AKDP Wonogiri Solo Semarang) sekaligus bus wonogiren yang kesatu kali mempunya mercy generasi OH. 

Livery klasik ialah adalah bus berwarna putih dengan motip livery Merah Biru, karakteristik GI ialah warna itu pada mula tahun 80an. Pada tahun 1984 GI meningkatkan warna khas GI menjadi merah biru dan oranye. Pada tahun 1986 Giri Indah AKDP Solo Semarang seluruh armada dan trayek dipasarkan ke PO. Safari Eka Kapti (Sekarang Royal Safari dan Blue Star). Nama GIRI INDAH masih dijaga SEK hingga pada tahun 1988 dengan mengubah warna biru menjadi hijau, jadi GI sesudah berwarna Hijau Merah Orange dijamin itulah GI kepunyaan SEK, dan dari bus GI berikut SEK mulai menguasai trayek Solo Semarang sampai ketika ini. 

GI AKDP Solo Semarang dipasarkan karena kalah berlomba dengan PO.Langsung Jaya salah satunya, selain tersebut GI hendak berkonsentrasi di jalur panjang yakni AKAP dan Lintas Sanutra (ditujukan guna pasar transmigran yang berhasil di sumatra khususnya yang dari Jateng). Masa keemasan GI dibuka dari tahun 1989 s.d 1998 dengan lintas Sanutra yakni Grindex livery bianglala zebra cross (Generasi Banteng 1 dan 2) tahun 89 dan GI livery bianglala lengkung (Generasi Aero Midi RI) tahun 91 sampai membukan bus 3/4 di trayek kota kota di bagian unsur timur Sumatra. Pada tahun 1992 dimulainya tonggak baru GI berkiprah di jakarta dan sekitarnya dengan membukan trayek bus Jabodetabek dengan alur Sukabumi dan Bogor serta bekasi pun cikarang dan berkembang membuka trayek2 selanjutnya. 

Maka dulu terdapat GI berplat BE, F, B Jabar dan B DKI serta AD-G. Pada tahun 1996 membuka unit bus kota dengan nama GI Andalan, kurun tahun 1995 s/d 1997 GI mengerjakan ekpansi besar besaran dalam usaha ekspansi lini trayek pun pengadaan armada busnya, sayang disaat lagi getol mengerjakan investasi dan berekpansi GI musti tumbang sebab hempasan krisis moneter dan kerusuhan 1998. 

Baca Juga

Dimulai era reformasi itulah GI telah limbung tapi melulu sekedar nama semata. Armada GI dibalikkan ke SUN, dengan keterpaksaan pula SUN kesudahannya mengoerasikan bus GI dengan nama SUN Giri Indah, tapi sebab sesuatu urusan akhirnya SUN menggunakan nama sendiri, yakni PO. SUN Express (mutasi Solo) dan PO. Bintang Terang (mutasi Sukoharjo). Diluar bus dari SUN bus dan trayek dibeli/ditarik Mayasari Bhakti /Hudaya Maju Mandiri. Bagi lintas bus kota GI Andalan dipasarkan ke PO. Karona/Tijex/Hejefrina Grup. Bagi lintas Sanutra diblokir semua sebab kondisi yang memaksa guna menutu rute tersebut. GI bermukim bertahan di lintas Jabodetabek hingga pada tahun 2000 dan dibeli oleh manajemen yangv lain, yang kesudahannya pada tahun 2005 mulai memakai nama sendiri, AGRA Mas. Mulai dari nol lagi GI yang pribumi mulai mengupayakan menjalankan usaha lagi namun dengan teknik membeli PO yang lain, yakni Grup JM Solo yang telah tidak dapat berdiri lagi semenjak krismon, GI menggunakan nama Jadi Mulyo atau GIA Jadi Mulyo/JM Martin, sementara Jadi Mulyo sendiri berjuang bangkit dengan meyisakan unit yang beda di grup usahanya yakni SELO KATON/SK Dento. 

Kembali lagi saya akan membicarakan PO Agra Mas adalahsalah satu perusahaan yang melayani jasa transportasi darat dengan armada bus. Saat ini Bus Agra Mas sudah melayani masyarakat dengan Bus Antar Kota Antar Propinsi, Antar Kota, Bus Pemandu Moda Bandara Soekarno-Hatta, dan Bus Pariwisata. 




1024x DOWNLOAD
2048x DOWNLOAD
4096x DOWNLOAD

Related Posts

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Bus 2 Agra Mas"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel